Wednesday, May 22, 2013

CLOCK




Pengertian
            Clock (pemicu atau pendetak) adalah salah satu masukan yang ada dalam beberapa rangkaian Flip-flop yang berfungsi sebagai pengatur proses output. Rangkaian komputer menggunanakan ribuan flip-flop. Untuk mengkoordinasi kegiatan keseluruhan, sinyal umum yang bernama kunci-waktu (clock) dikirimkan ke setiap flip-flop. Sinyal ini mencegah flip-flop berubah keadaan sebelum waktunya.
Gambar dibawah merupakan contoh yang menunjukkan kunci waktu positif. Ia membuat flip-flop menunggu masukannya sampai pada saat kunci-waktu berubah dari rendah ke tinggi. Karena sinyal kunci-waktu (ditulis CLK) menggerakkan kedua gerbang AND, maka CLKrendah mencegah S dan R untuk mencapai masukan flip-flop. Karena itu, dengan S tinggi dan R rendah pada masukan gerbang, flip-flop harus menunggu kunci-waktu menjadi tinggi, sebelum Q dapat di-Set menjadi 1. Sebaliknya, dengan S rendah dan R tinngi pada gerbang, flip-flop harus menunggu CLK tinggi, sebelum Q dapat di-Reset ke 0.

Gambar kunci waktu positif







Beberapa jenis flip-flop yang menggunakan clock antara lain :
1.      SR FLIP-FLOP dengan CLOCK
2.      D FLIP-FLOP
3.      JK FLIP-FLOP
4.      T FLIP-FLOP
Fungsi Clock pada FLIP-FLOP
Clock dalam flip-flop berfungsi sebagai pengatur input yang bertujuan untuk merespon apakah keluaran pada rangkaian flip-flop tersebut akan berubah atau tidak.
Flip-flop akan merespon inputan apabila sinyal pendetak (clock) telah tiba / aktif (nilai clock berlogika 1), dengan kata lain jika pulsa pendetak belum tiba / tidak aktif (nilai clock berlogika 0) maka flip-flop tidak akan merespon inputan yang masuk.
Pada SR flip-flop dengan clock, agar flip-flop bekerja secara serempak, maka perlu ditambahkan gerbang untuk memungkinkan pemberian sinyal clock yang akan mernyerempakkan flip-flop ini, artinya keadaan flip-flop hanya akan berubah bila diberi sinyal clock. Begitupun pada flip-flop lain yang menggunakan Clock sebagai sinyal perespon masukannya, harus menunngu datangnya sinyal pendetak baru setelah itu aka berubah keadaan.
Fungsi clock pada D flip-flop adalah untuk mengatur output data yang telah dimasukkan. Jadi sebelum clock ditekan maka outpu data tidak akan tampil.
Pada Syncronous counter memiliki pemicuan dari sumber clock yang sama dan susunan flip-flopnya adalah paralel. Dalam Syncronous counter ini sendiri terdapat perbedaan penempatan atau manipulasi gerbang dasarnya yang menyebabkan perbadaan waktu tunda yang di sebut carry propagation delay.
Sebuah Counter Asinkron (Ripple) terdiri atas sederetan Flip-flop yang dikonfigurasikan dengan menyambung outputnya dari yan satu ke yang lain. Yang berikutnya sebuah sinyal yang terpasang pada input Clock FF pertama akan mengubah kedudukan outpunyanya apabila tebing (Edge) yang benar yang diperlukan terdeteksi.

Intro Recent