Wednesday, April 24, 2013

Tugas Ilmu Bahan listrik membuat soal dan jawaban dalam bentuk essay, pilihan ganda dan menjodohkan masing-masing 20 soal.



Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh,,,

Selamat pagi, siang, sore, malam, subuh... :)

Tugas dari pak Sultan ST.,MT

Petunjuk: Buatlah soal dan jawaban dalam bentuk essay, pilihan ganda dan menjodohkan masing-masing 20 soal.



A.Soal Essay

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Bahan Penghantar (konduktor)?
jawab:
Bahan Penghantar (konduktor) adalah bahan yang menghantarkan listrik dengan mudah. Bahan ini mempunyai daya hantar listrik (Electrical Conductivity) yang besar dan tahanan listrik (Electrical Resistance) kecil.

2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Bahan Penyekat (Insulator/isolator)?
jawab:
.Bahan Penyekat (Insulator/isolator) adalah bahan yang befungsi untuk menyekat (misalnya antara 2 penghantar); agar tidak terjadi aliran listrik/kebocoran arus apabila kedua penghantar tersebut bertegangan.

3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Bahan Setengah Penghantar (Semi Konduktor)?
jawab:
Bahan Setengah Penghantar (Semi Konduktor) adalah bahan yang mempunyai daya hantar lebih kecil dibanding bahan konduktor, tetapi lebih besar dibanding bahan isolator.

4. Sebutkan pengelompokkan dari Bahan Magnetik (Magnetic Materials)?
jawab:
(Magnetic Materials) dikelompokkan menjadi 3 kelompok, yaitu ferro magnetic, para-magnetic dan dia-magnetic.

5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Bahan ferro-magnetic?
jawab:
Bahan ferro-magnetic adalah bahan yang mempunyai permeabilitas tinggi dan mudah sekali dialiri garis-garis gaya magnet.

6. Sebutkan contoh dari bahan permeabilitas tinggi?
jawab:
Contoh bahan yang mempunyai permeabilitas tinggi adalah besi, besi pasir, stalloy, dan sebagainya.

7. Sebutkan 3 jenis magnet permanen yang sering kita jumpai?
jawab:
· Alnico
· Cobalt
· Baja Arang

8. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Reaktor Nuklir?
jawab:
Reaktor nuklir adalah pesawat yang mengandung bahan-bahan nuklir yang dapat membelah, yang disusun sedemikian sehingga suatu reaksi berantai dapat berjalan dalam keadaan dan kondisi terkendali.

9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sifat mekanis?
jawab:
Sifat Mekanis, yaitu perubahan bentuk dari suatu benda padat akibat adanya gaya-gaya dari luar yang bekerja pada benda tersebut.

10. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sifat fisis?
jawab:
Sifat Fisis, Benda padat mempunyai bentuk yang tetap (bentuk sendiri), dimana pada suhu yang tetap benda padat mempunyai isi yang tetap pula. Isi akan bertambah atau memuai jika mengalami kenaikkan suhu dan sebaliknya benda akan menyusut jika suhunya menurun. Karena berat benda tetap , maka kepadatan benda akan bertambah, sehingga dapat disimpulkan sebagai berikut :
• Jika isi (volume) bertambah (memuai), maka kepadatannya akan berkurang
• Jika isinya berkurang (menyusut), maka kepadatan akan bertambah
• Jadi benda lebih padat dalam keadaan dingin daripada dalam keadaan panas

11. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sifat kimia?
jawab:
Sifat Kimia, berkarat adalah termasuk sifat kimia dari suatu bahan yang terbuat dari logam. Hal ini terjadi karena reaksi kimia dari bahan itu sendiri dengan sekitarnya atau bahan itu sendiri dengan bahan cairan. Biasanya reaksi kimia dengan bahan cairan itulah yang disebut berkarat atau korosi. Sedangkan reaksi kimia dengan sekitarnya disebut pemburaman.

12. Sebutkan kegunaan bahan Germanium (Ge) yang merupakan bahan semi konduktor?
jawab:
:Kegunaan bahan Germanium:
Ketika germanium didoping dengan arsenik, galium atau unsur-unsur lainnya, ia digunakan sebagai transistor dalam banyak barang elektronik. Kegunaan umum germanium adalah sebagai bahan semikonduktor. Kegunaan lain unsur ini adalah sebagai bahan pencampur logam, sebagai fosfor di bola lampu pijar dan sebagai katalis. Germanium dan germanium oksida tembus cahaya sinar infra merah dan digunakan dalam spekstroskopi infra mera dan barang-baran optik lainnya, termasuk pendeteksi infra merah yang sensitif. Index refraksi yang tinggi dan sifat dispersi oksidanya telah membuat germanium sangat berguna sebagai lensa kamera wide-angle dan microscope objectives. Bidang studi kimia organogermanium berkembang menjadi bidang yang penting. Beberapa senyawa germanium memiliki tingkat keracunan yang rendah untuk mamalia, tetapi memiliki keaktifan terhadap beberap jenis bakteria, sehingga membuat unsur ini sangat berguna sebagai agen kemoterapi.

13. Sebutkan kegunaan bahan Silicon (Si) yang merupakan bahan semi konduktor?
jawab:
Kegunaan silicon:
Silikon adalah salah satu unsur yang berguna bagi manusia. Dalam bentuknya sebagai pasir dan tanah liat, dapat digunakan untuk membuat bahan bangunana seperti batu bata. Ia juga berguna sebagai bahan tungku pemanas dan dalam bentuk silikat ia digunakan untuk membuat enamels (tambalan gigi), pot-pot tanah liat, dsb. Silika sebagai pasir merupakan bahan utama gelas Gelas dapat dibuat dalam berbagai macam bentuk dan digunakan sebagai wadah, jendela, insulator, dan aplikasi-aplikasi lainnya. Silikon tetraklorida dapat digunakan sebagai gelas iridize.

Silikon super murni dapat didoping dengan boron, gallium, fosfor dan arsenik untuk memproduksi silikon yang digunakan untuk transistor, sel-sel solar, penyulingan, dan alat-alat solid-state lainnya, yang digunakan secara ekstensif dalam barang-barang elektronik dan industri antariksa.

Hydrogenated amorphous silicone memiliki potensial untuk memproduksi sel-sel murah untuk mengkonversi energi solar ke energi listrik.

Silikon sangat penting untuk tanaman dan kehidupan binatang. Diatoms dalam air tawar dan air laut mengekstrasi silika dari air untuk membentuk dinding-dinding sel. Silika ada dalam abu hasil pembakaran tanaman dan tulang belulang manusia. Silikon bahan penting pembuatan baja dan silikon karbida digunakan dalam alat laser untuk memproduksi cahaya koheren dengan panjang gelombang 4560 A.

14. Sebutkan jenis-jenis bahan yang berasal dari bahan super konduktor?
jawab:
Beberapa contoh jenis bahan superkonduktor yang berhasil ditemukan dan suhu kritisnya dapat dilihat di bawah ini :
1. Jenis bahan Unsur :

Al ( Tc = 1 K)
Pb ( Tc = 7 K)
Nb ( Tc = 9 K)
2. Jenis bahan paduan logam biner dan senyawa biner :

Nb-Ti ( Tc = 9 K)
Nb3Sn ( Tc = 18 K)
3. Jenis bahan Senyawa organik :

-(BEDT-TTF)2Cu(NCS)2 ( Tc = 10 K)

4. Jenis bahan Superkonduktor Oksida :
jawab:
La2-xSrxCuO4 ( Tc = 38 K)
YBa2Cu3O7-x ( Tc = 93 K)
Tl2Ca2Ba2Cu3O10 ( Tc = 125 K)
HgBa2Ca2Cu3O8+x ( Tc = 135 K)
Tl5Ba4Ca2Cu10Oy ( Tc = 233 K)

15. Sebutkan keuntungan dari bahan superkonduktor?
jawab:
Keuntungan dari menggunakan superkonduktor:

Tidak ada energi yang terbuang ketika superkonduktor ini menghantar arus 1.1...listrik. Milyaran rupiah bisa kita selamatkan dengan menggunakan superkonduktor daripada konduktor biasa.

Karena tidak ada resistansi dalam superkonduktor, sirkuit yang menggunakan superkonduktor tidak akan menjadi panas dan jadi, semakin banyak sirkuit yang bisa kita kompres per centimeter kubiknya. Kalau kita menggunakan konduktor biasa, sirkuit itu bisa terbakar jika kita mau mengkompres semakin banyak material karena panas yang terakumulasi dari resistansi material tersebut.
superkonduktor ini bisa berfungsi sebagai transistor (sejenis komponen sirkuit yang bisa mengamplifikasi signal listrik dan digunakan di semua peralatan modern yang menggunakan listrik) tetapi bisa berfungsi 100 kali lebih cepat. Ini juga dikenal sebagai Josephson Junctions dan kalau dua Josephson Junctions ini kita gabung dengan tepat, mereka bisa mendeteksi medan magnet yang sangat kecil.

16. Jelaskan apa aja kegunaan dari bahan superkonduktor?
jawab:
Digunakan sebagai building blocks SQUIDs (superconducting quantum interference devices), magnetometers paling sensitif. SQUIDs digunakan pada mikroskop scanning SQUID dan magnetoencephalography. Perubahan resistansi yang cukup besar pada fase transisi ke superkonduktor dapat digunakan untuk membuat termometer pada micro-calorimeter photon detectors cryogenic.
Dengan makin berkembangnya pembuatan superkonduktor suhu tinggi, aplikasi dimasa depan sangat menjanjikan, seperti misalnya: smart grid, saluran transmisi, transformers, penyimpan daya, motor penggerak kereta super cepat (vactrains atau maglev trains), perangkat magnetik mengambang, fault current limiters, nanoscopic material seperti: buckyballs, nanotubes, composite materials dan pendingin magnetik superkonduktor.

17. Sebutkan bahan yang termasuk dari bahan nuklir yang sering digunakan dalam bahan bakar reaktor nuklir!
jawab:
Dalam reaktor nuklir digunakan bahan bakar uranium 235, plutonium-239, uranium-233.

18. Adapun bahan-bahan yang dipakai untuk konduktor yang memiliki persyaratan dan coba sebutkan?
jawab:
Bahan-bahan yang dipakai untuk konduktor harus memenuhi persyaratan-persyaratan sebagai berikut:
1. Konduktifitasnya cukup baik.
2. Kekuatan mekanisnya (kekuatan tarik) cukup tinggi.
3. Koefisien muai panjangnya kecil.
4. Modulus kenyalnya (modulus elastisitas) cukup besar.

19. Apa aja kegunaan bahan magnetic dalam bidang elektronika?
jawab:
Kegunaannya adalah sebagai speaker, alat-alat ukur elektronika .dan sebagainya.

20. Sebutkan macam-macam dari bahan penyekat?
jawab:
Macam-macam bahan penyekat
• Bahan penyekat bentuk padat, bahan listrik ini dapat dikelompokkan menjadi beberapa macam, diantaranya yaitu: bahan tambang, bahan berserat, gelas, keramik, plastik, karet, ebonit dan bakelit, dan bahan-bahan lain yang dipadatkan.
• Bahan penyekat bentuk cair, jenis penyekat ini yang banyak digunakan pada teknik listrik adalah air, minyak transformator, dan minyak kabel.
• Bahan penyekat bentuk gas, yang sering digunakan untuk keperluan teknik listrik diantaranya : udara, nitrogen, hidrogen, dan karbondioksida.



B.

B. Pilihan Ganda



1. Berikut adalah aplikasi dari bahan penyekat adalah...

a. Beton         d. Rantai
b. Kabel         e. Saklar
c. Sekring

2. Berikut adalah sifat-sifat dari bahan listrik, kecuali...

a. Konduktor           d. Magnetik
b. Isolator                e. Elastis
c. Semikonduktor

3. Sifat mekanis di mana suatu benda kembali ke bentuk semula setelah diberi gaya adalah...

a. Korosi                d. Menyusut
b. Memuai              e. Membeku
c. Elastis

4. Yang mana bahan yang termasuk semi konduktor?

a. Besi                       d. Iodin
b. Germanium           e. Hidrogen
c. Helium

5. Yang mana di bawah ini bahan yang termasuk konduktor?

a. Plastik                     d. Aluminium
b. Karet                       e. Klor
c. Karbon

6. Logam dapat digolongkan dalam dua bagian, yaitu...

a. Logam padat, logam cair            d. Logam tanah, logam besi
b. Logam besi, logam non ferro      e. Logam sintetis, logam besi
c. Logam tanah, logam sintetis

7. Berikut yang termasuk logam besi, kecuali...

a. Baja karbon             d. Magnesium
b. Baja paduan             e. Besi tuang
c. Baja tahan karat

8. Yang termasuk sifat kimia adalah...

a. Korosi                     d. Menyusut
b. Memuai                  e. Membeku  
c. Elastis

9. Apa saja yang mempengaruhi tahanan jenis?

a. Massa jenis, suhu                   d. Tahanan, luas bahan
b. Medan listrik, massa jenis      e. Luas bahan, medan listrik
c. Medan listrik, suhu

10. Apakah bentuk dari persamaan tahanan jenis?

a. W= F.S               d. I= V/R
b. R= ρl/A              e. a=V/t
c. F= m.a

11. Apa saja bahan yang termasuk logam non ferro?

a. Al, Mg, Cu        d. P, Mg, S
b. P, S, Al              e. N, F, Cl
c. Cu, Mg, C

12. Berikut adalah sifat konduktor sebagai penghantar listrik, kecuali...

a. Dayahantarlistrik     d. Koefesien temperatur R
b. Dayahantarpanas     e. Daya tegangan tarik
c. Massa jenis bahan

13. Apakah satuan dari tahanan jenis?

a. Volt                d. m/s     
b. Ampere          e. volt ampere
c. Ohm meter

14. Contoh dari bahan penyekat gas adalah...

a. Nitrogen             d. Minyak transformator
b. Ebonit                 e. Mikafolium
c. Asbes

15. Sifat utama yang dimiliki oleh bahan isolator adalah...

a. Tahanan yang besar             d. Tahan korosi
b. Daya hantar listrik besar        e. Elastisitas tinggi
c. Daya tegangan tarik besar

16. Yang merupakan bahan semi konduktor tipe-P adalah...

a. Germanium        d. Tembaga
b. Iodin                     e. Barium
c. Silikon

17. Pada saluran kabel tanah, bahan isolator yang sering digunakan adalah...

a. Ebonit, XLPE          d. PVC, XLPE
b. Asbes, ebonit           e. PVC, asbes
c. Mikafolium, PVC

18. Contoh dari bahan penyekat cair adalah...

a. Nitrogen             d. Minyak transformator
b. Ebonit                e. Mikafolium
c. Asbes

19. Yang merupakan bahan semi konduktor tipe-N adalah...

a. Germanium         d. Tembaga
b. Iodin                    e. Barium
c. Silikon

20. Bahan yang biasa digunakan untuk penyaluran listrik adalah...


a. Aluminium, besi        d. Magnesium, tembaga
b. Besi, tembaga            e. Aluminium, tembaga
c. Besi, magnesium

C.soal menjodohkan

Untuk soal menjodohkannya, silahkan di download aja yah,, susah untuk di tulisnya..
klik download dibawah ini.



    http://www.ziddu.com/download/22074274/menjodohkan.docx.html

                                                                         Download





3 comments:

leksono wisnu said...

Bagus gan ! Mohon ijin copas, matur nuwun sanget.

Hendra Kurniawansyah Putra said...

silahkan...
viva elektro. . . :)

Unknown said...

Izin copas kak enda

Intro Recent