Friday, May 24, 2013

Aplikasi J-K flip-flop

Flip - flop meruapakan salah satu gerbang dasar yang mempunyai unsur memory. Berbeda dengan rangkaian kombinasional, output dari flip-flop tergantung pada : Masukan saat itu, Kondisi output sebelumnya, serta ada tidaknya sinyal clock. Sedangkan output dari rangkaian kombinasional hanya tergantung pada masukan saat itu saja.

Ada beberapa macam flip-flop, salah satu yang cukup terkenal adalah J-K flip-flop. Gambar dari jk flip flop dapat dilihat seperti pada gambar dibawah.






Sedangkan tabel kebenaran dari j-k flip flop dapat dilihat pada gambar dibawah:

Salah satu aplikasi JK flip flop yang paling terkenal adalah COUNTER. Sebagaimana namanya counter adalah suatu sistem yang dapat digunakan untuk menghitung banyak nya "cacahan", sehingga orang pun mengenalnya dengan istilah pencacah.

Rangkaian sederhana dari counter dapat dilihat pada gambar dibawah:








Maksimal hitungan dari counter akan sesuai dengan jumlah flip-flop yang digunakan. Hitungan maksimal dari sebuah counter dinamakna MODULO. Hubungan antara jumlah flip-flop yang digunakan dengan modulo:
Modulo = 2 ^n, dimana n adalah jumlah flip-flop yang digunakan.

Bagaimana jika modulu yang diinginkan tidak tepat dg 2 ^n? maka digunakan flip-flop sebanyak 2 ^n diatasnya yang paling dekat (misal jika modulo 10, dibutuhkan 4 jk flip flop, jika modulo 5 dibutuhkan 3, dst). Selanjutnya digunakan gerbang NAND untuk membantu meng-clear-kan flip-flop (merubah ke angka 0) saat hitungan sudah mencapai nilai maksimum yang diinginkan.

Dibawah ada sebuah IC counter 74931. Susunlah bagaimana agar counter tsb dapat menjadi counter modulo 10?





No comments:

Intro Recent