Friday, May 3, 2013

PENGGUNAAN KOMPUTER SAAT INI



BAB III
 PENGGUNAAN KOMPUTER SAAT INI

Tujuan Khusus Perkuliahan:
Setelah mempelajari Bab ini mahasiswa diharapkan:
-    Mengetahui pemakaian komputer saat ini 
-    Bisa mengoptimalkan pemakaian komputer 

K
omputer saat ini bukan merupakan barang mewah, dari anak-anak sekolahan sampai ibu rumah tangga, dari perorangan sampai
perusahaan besar sudah tidak asing lagi dengan komputer. Komputer saat ini digunakan di berbagai bidang antara lain:
-          Sebagai Sistem Informasi:
Komputer digunakan untuk memberikan layanan informasi tentang kondisi sesuatu seperti:
       Booking sistem
Pada Airline booking sistem seorang calon penumpang yang ingin memesan pesawat dengan mudah dapat mengetahui  pesawat yang mana masih kosong, kursi no berapa, jam berapa berangkat, dsb. 
       Billing sistem
Misalnya pada warung internet, operator internet tidak perlu mengiraukan siapa yang memakai komputer, berapa lama dia pakai dan berapa harus bayar, karena sistem billing akan mengerjakan untuknya.
-          Sebagai alat bantu seseorang dalam melaksanakan pekerjaanya seperti:
       Word processor
Sebagai alat bantu dalam
mengolah kata atau tulisan. Mesin ketik yang dulu digunakan untuk mengetik suatu naskah kini digantikan perannya oleh komputer. Hal ini disebabkan komputer memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan mesin ketik antara lain:
-          Mudah melakukan peyuntingan. (Apa bila terdapat kesalahan tidak harus mengetik dari awal cukup memperbaiki yang salah saja)
-          Mempunyai sarana penyimpan
-          Mudah untuk menggandakan
-          Kualitas ketikan bagus
-          Dan sebagainya
       Desktop publisher
Penerbitan sebelum era komputer dilakukan dengan menyeting tiap lembar halaman yang akan diterbitkan secara manual dan kemudian mentransfer ke mesin cetak untuk bisa diperbanyak. Tetapi kini cukup dilakukan pada sebuah komputer, mulai dari penulisan artikel sampai pada penyetingan halaman dan gambar-gambar sehingga memerlukan waktu yang jauh lebih singkat. Selain itu juga hasil setting tiap halaman suatu penerbitan saat ini bisa di cetak jarak jauh.
       Database
Data yang terkumpul dalam rak-rak secara konvensional kita bisa dipindahkan kedalam komputer sehingga mudah dalam pencariannya. Database saat ini sangat diperlukan untuk menunjang kinerja suatu perusahaan, terutama yang memerlukan pengolahan data secara instants.
       Graphics
       Pengolahan dan manipulasi grafik maupun citra menjadi sangat mudah dengan menggunakan komputer.
       Video
Komputer saat ini mampu melakukan pengolahan video seperti video editing, maupun pembuatan animasi.

-          Communication 
Dengan memasang alat tambahan pada sebuah komputer, maka komputer tersebut dapat dihubungkan dengan komputer lain sehingga kedua komputer tersebut dapat saling berkomunikasi, baik komunikasi lisan maupun komunikasi data.

-          Science Research and Engineering
Komputer juga bisa dimanfaatkan sebagai alat bantu dalam melaksanakan penelitian terutama yang berhubungan dengan rekayasa perangkat lunak.
-          Computer Aided Design
Dengan menggunakan perangkat lunak tertentu komputer juga bisa digunakan sebagai alat perancangan. Misalnya untuk merancang sebuah rumah kita bisa menggunakan AutoCAD, untuk mendesain sebuah rangkaian elektronika kita bisa menggunakan perangkat lunak Electronics Work Bench (EWB), dsb.
-          Education and Reference
Apa bila kita memerlukan referensi dan bahan-bahan pendidikan kita juga bisa memanfaatkan komputer kita untuk mencari bahan-bahan ataupun teori-teori yang kita perlukan.

-          Entertainment and Edutainment
Komputer juga bisa dipakai sebagai alat untuk belajar. Saat ini banyak perangkat lunak untuk belajar sesuatu dipasarkan, misalnya untuk belajar TOEFL ada yang menawarkan CD belajar TOEFL, untuk belajar komputer ada juga CD berisi tuntunan untuk belajar komputer. Disamping untuk belajar komputer juga bisa dipakai untuk hiburan seperti game komputer dan film yang bisa diputar pada komputer.


No comments:

Intro Recent