Wednesday, April 24, 2013

Tugas Konsep teknologi (Teknologi Sederhana)

Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh,,,
 Selamat pagi, siang, sore, malam, subuh... :)

Tugas dari pak Supriatna ST.,MT





MAKALAH
Konsep Teknologi
(Teknologi sederhana)






OLEH:
Nama : HENDRA KURNIAWANSYAH PUTRA
NIM : (F1B012037)





FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MATARAM
2012





BAB I
Teknologi sebagai Hasil/produk
Ketapel

A.    Apa itu ketapel ?
Ketapel yang kita kenal yaitu sebuah alat mainan untuk melempar batu .
Sebuah ketapel biasanya terbuat dari kayu dengan dua karet yang di ikatkan kekedua sisinya.Alat yang sederhana ini mampu melukai seekor binatang bahkan manusia, ada beberapa sebagian orang yang mengoleksi ketapel untuk perlengkapan pada saat berburu, mungkin karena tidak ingin repot akan bahan gotrinya karena cukup menggunakan kerikil yang bisa dengan mudah di temukan di sembarang tempat.
Menggunakan ketapel juga sangat mudah tinggal isi dan pasang kerikil tarik dan lepas, semakin kuat dalam menarik maka akan semakin jauh kerikil ini akan terlontar, bahkan bisa ratusan meter.Perlu diperhatikan juga walaupun mudah memakainya kalau kurang hati-hati bisa melukai jempol tangan.
Mainan ketapel biasanya di mainkan oleh anak laki-laki, jika kita mengingat masa kecil dahulu kita sering memainkan mainan seperti ini bersama teman-teman untuk berburu burung dan binatang kecil lainya, tidak hanya itu biasanya di adakan lomba memainkan ketapel siapa dapat mengenai target itulah yang menang, target biasanya sebuah botol atau kaleng.
Sebuah ketapel tidak hanya dimainkan oleh orang kita saja, di luar negeripun sudah sejak lama orang tau ini, bahkan seorang dewasa pun banyak yang menggunakan alat sederhana ini sebagai pengganti mainan dan senjata lainya, jika memiliki senjata lainya memerlukan izin tertentu, dengan memiliki senjata ketapel tidak perlu repot dengan surat izin yang merepotkan. Banyak diluar negeri membuat sebuah ketapel dengan sentuhan modern dan seni tinggi yang unik, membuat sebuah gagang ketapel dengan kayu oak dan pinus akan sangat indah hasilnya.Ketapel diluar negeri masih banyak diperjual belikan secara online baik ketapel yang sederhana ataupun yang modern.
Di sebuah negara sebuah ketapel digunakan sebagai senjata untuk melawan musuh yang dengan persenjataan lengkap dan hebat, ketapel ini mampu membuat repot musuh mereka.Anak-anak palestina menggunakan ketapel seperti ini tidak untuk berburu seekor burung, akan tetapi untuk berburu musuh mereka seperti yang sering kita lihat di sebuah berita di tv atupun di chanel video online.Ketapel sebuah mainan sederhana namun bisa menjadi sebuah senjata sederhana yang hebat, sebuah ketapel apabila dimainkan oleh orang yang sudah terampil tidak hanya mampu membunuh seekor burung merpati.




B.     Asal mula ketapel

Ketapel (umban) sering disebutkan dalam Perjanjian Lama. Kita mengenal benda ini terutama dalam kisah Daud dan Goliat (1 Sam. 17:40; 49). Barang ini merupakan salah satu senjata yang sangat mematikan di dunia kuno. Suku Benyamin memiliki 700 orang kidal yang mahir mengumban dengan tidak meleset sehelai rambut pun (Hak. 20:16; 1 Taw.12:2). Bahkan orang-orang Israel menggunakan batu dan umban untuk berperang (2 Raj. 3:25).
Menurut sebuah dokumen perang, pasukan panah dilatih untuk membidik target sejauh 175 meter sedangkan pasukan ketapel 375 meter. Pasukan ketapel bahkan mampu membidik muka musuh secara akurat dengan kecepatan lemparan mencapai 90 km/jam. Seorang penulis Romawi mengatakan bahwa prajurit yang mengenakan baju pelindung berlapis kulit lebih takut pada serangan umban daripada anak panah. Sebuah dokumen kesehatan Roma yang ditulis oleh Celcus menunjukkan cara-cara pengambilan batu ketapel dari dalam tubuh seseorang. Ini berarti bahwa batu ketapel mampu menembus tubuh seseorang, walau dengan pelindung tubuh dari kulit.



BAB II
Teknologi sebagai Proses
Pada bab ini, kita akan mengtahui apa saja alat dan bahan serta cara pembuatan dari ketapel.

Alat – alat dan bahan:






pisau










  









Cara pembuatan :
Talikan kedua ujung karet tersebut
ke dua cabang kayu tersebut.









 









Lalu setelah ditalikan ke cabang-cabang kayu tersebut, ujung
dari kedua karet yang lain, ditalikan ke kulit imitasi yang gunanya
untuk membungkus batu, dan jadilah sebuah ketapel








BAB III
Teknologi sebagai Pengetahuan
            Dalam hal ini, kita dapat mengetahui ilmu pengetahuan apa yang bisa di gunakan dan yang akan bekerja pada ketapel tersebut.
Cara kerja ketapel memanfaatkan prinsip gaya pegas. Gaya pegas timbul akibat adanya tarikan atau doronganterhadap benda yang bersifat elastis.Semakin kuat tarikan ketapel, semakin besar pula gayatarikan yang diberikan. Semakin besar gaya yang diberikan,benda akan semakin cepat bergerak. Apabila kita menarik ketapel dengan lemah, batu kerikil terlempar dengan pelan. Akibatnya, jarak lemparan menjadi lebih dekat. Jika gaya semakin kecil, gerak benda juga semakin pelan. Jadi, gerakbenda dipengaruhi oleh besarnya gaya yang diberikan padabenda tersebut..
Dalam hal ini, kita menggunakan Hukum Hooke. Hukum Hooke adalah hukum atau ketentuan mengenai gaya dalam bidang ilmu fisika yang terjadi karena sifat elastisitas dari sebuah pir atau pegas. Besarnya gaya Hooke ini secara proporsional akan berbanding lurus dengan jarak pergerakan pegas dari posisi normalnya, atau lewat rumus matematis dapat digambarkan sebagai berikut:


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgjOR4kTZFLHqikTlcQooUYYvYe6VYcb5SSLr_lXQJAgL_bhQMm8CzpYJxvY0l8pX6Un0wbF2PqkgagydbM0J1tve_S-nermJv_X8Cbph_TkDt-BMJQyv4RgUYoIX43NMfs_kasnbfdvJ7R/s200/index.jpg

di mana
F   adalah gaya (dalam unit newtonj
k   adalah konstante pegas (dalam newton per meter) 
Δx adalah pertambahan panjang pegas
 Penerapan hukum Hooke, dapat kita lihat pengaplikasiannya pada game angry bird. Pada game angry birds, hukum hooke berlaku pada karet ketapel yang digunakan untuk membidik sasaran. Ketika hendak menembak burung "angry birds" dengan ketapel misalnya, karet ketapel terlebih dahulu diregangkan (diberi gaya tarik). Akibat sifat elastisitasnya, panjang karet ketapelakan kembali seperti semula setelah gaya tarik dihilangkan.











Gerak Parabola
http://screenshots.en.softonic.com/en/scrn/95000/95451/angry-birds-4.png
Pada game angry birds ini, kita diminta menembakkan burung dengan ketapel menuju sasaran yang berupa babi. gerak burung menuju sasaran tembak merupakan gerak parabola. Gerak Parabola merupakan perpaduan antara gerak lurus beraturan (GLB)pada arah mendatar/horizontal dengan gerak lurus berubah beraturan (GLBB)pada arah vertikal. Untuk lebih jelasnya dapat diperhatikan gambar berikut.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjebpSu9vccxbrtM7TVU6xitvJvB1MwMNTQ9tfpnRNWcbQW0L1BTddXgNKOUPEjMTNX_HQm-IQnhoSpuC6zFAZ82QQ5eLUpXzJeXCVtvGygC-nCl71UDbwItzErfl2rWxj4TAq-apzIjGQ/s320/projectile-motion-1.jpg
Kecepatan pada arah sumbu X selalu tetap, sehingga Vx = Vox = Vo cos @ (@ adalah sudut elevasi parabola). Sedangkan pada sumbu y, yang terjadi adalah gerak GLBB karena adanya percepatan gravitasi bumi yang arahnya ke bawah, sehingga kecepatan pada arah y dinyatakan sebagai Vy = Voy - gt atau Vy = Vo sin @ - gt


Usaha dan Energi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg6X9YZGcOOZOj7rrLH6NUpk7obvYqvYHO12NvJ7fXS3XMdbK2Nr96h74AHxVavqjmPg5Q8Hc2zAGpXHc2sEgfmvzegqiNa2zE7kY4bWeS2Fqs6tI7dn6X1egq4_MRS6dCipQ1-sZ-jcMA/s1600/AB4.jpg
a. Usaha
Pada permainan angry birds, burung diberikan gaya dengan menggunakan ketapel agar meluncur atau berpindah tempat menuju sasaran. Hal demikian merupakan suatu bentuk usaha yang dilakukan oleh ketapel terhadap burung angry birds
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhVVlHUDGgXJZbWHPCs8S2MBpljOHucesLYzcOMmzjdy_1PBEqLYAWqDgkS3kwSSYWJuBa31Ttyc5G6S_aIQVY74aq77ufob2WYqR1AqQWBGZER7qWPvteH5eEqsZJ52Ah9OPIP_uPy-Xrl/s1600/8+%25281%2529.jpg
b. Energi
Karet ketapel yang kita regangkan memiliki energi potensial. Karet ketapel dapat melontarkan burung "angry birds" karena adanya energi potensial pada karet yang diregangkan.
Sedangkan setiap benda yang bergerak memiliki energi. Ketapel yang ditarik lalu dilepaskan sehingga burung "angry birds" yang berada di dalam ketapel meluncur dengan kecepatan tertentu. Burung "angry birds" yang bergerak tersebut memiliki energi kinetik.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEie25jIwHQQmuzuEAE-m7MMc6nABibAy6hy6_Ghf3G_E6vsIKj13sZnBj8tVUZOO1bDswf3VxrqFjSopJtvt2wctsOXU3puP6FCxhhqHLKo-D12iW08APq9N6zueJrW6bDwmiIvKSnSKZxJ/s1600/8+%25283%2529.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgF8_-H_82jdcUOBM7cLC0W6f4akve3tDodct-ERQyhUJMRX7TEk93a5elzDBbZ1hyphenhyphen9ouxsgb3m5na4BHp-BQhwH2K8S2-fIMIRtcZ4XHr4WOGVBooTky93taHfU7JHIdUIVZpmAkC_8dqd/s1600/8+%25282%2529.jpg















BAB IV
Teknologi sebagai Sistem
Dari penjelasan beberapa bab di atas, kita dapat mengetahui bahwa ketapel itu di buat awalnya sebagai alat perang seperti dalam kisah Daud dan Goliat (1 Sam. 17:40; 49). Ketapel merupakan salah satu senjata yang sangat mematikan di dunia kuno. Suku Benyamin memiliki 700 orang kidal yang mahir mengumban dengan tidak meleset sehelai rambut pun (Hak. 20:16; 1 Taw.12:2). Bahkan orang-orang Israel menggunakan batu dan umban untuk berperang (2 Raj. 3:25).
            Tetapi, pada masa sekarang ini, ketapel biasa digunakan oleh anak laki-laki untuk berburu burung atau binatang kecil lainnya. Sebuah ketapel tidak hanya dimainkan oleh orang kita saja, di luar negeripun sudah sejak lama orang tau ini. Di sebuah negara sebuah ketapel digunakan sebagai senjata untuk melawan musuh yang dengan persenjataan lengkap dan hebat, ketapel ini mampu membuat repot musuh mereka.Anak-anak palestina menggunakan ketapel seperti ini tidak untuk berburu seekor burung, akan tetapi untuk berburu musuh mereka seperti yang sering kita lihat di sebuah berita di tv atupun di chanel video online.
            Proses pembuatan ketapel itu sendiri yaitu dengan menggunakan bahan-bahan seperti; kayu yang bercabang, karet, kulit dan juga pisau. Cara pembuatannya yaitu, dengan menalikan kedua ujung karet tersebut ke dua cabang kayu tersebut. Lalu setelah ditalikan ke cabang-cabang kayu tersebut, ujung dari kedua karet yang lain, ditalikan ke kulit imitasi yang gunanya untuk membungkus batu, dan jadilah sebuah ketapel

Prinsip kerja yang bisa di gunakan dan yang akan bekerja pada ketapel yaitu memanfaatkan prinsip gaya pegas. Gaya pegas timbul akibat adanya tarikan atau doronganterhadap benda yang bersifat elastis.Semakin kuat tarikan ketapel, semakin besar pula gayatarikan yang diberikan. Semakin besar gaya yang diberikan,benda akan semakin cepat bergerak. Apabila kita menarik ketapel dengan lemah, batu kerikil terlempar dengan pelan. Akibatnya, jarak lemparan menjadi lebih dekat. Jika gaya semakin kecil, gerak benda juga semakin pelan. Jadi, gerakbenda dipengaruhi oleh besarnya gaya yang diberikan padabenda tersebut. Ada juga prinsip kerja yang di lakukan oleh ketapel antaralain yaitu, Hukum Hooke, gerak parabola serta Usaha dan Energi.
Sebagai sistem, ketapel ini sangat berkaitan anatara satu dan yang lainnya. Layaknya sebuah sistem, ketapel juga tidak akan sempurna jika salah satu dari sistem yang ada pada teknologi sederhana ini seperti bahan, proses, dan pengetahunnya terganggu, sehingga ketapel akan menjadi sempurna jika semua sistem yang ada pada ketapel tersebut sempurna.

No comments:

Intro Recent